DIY Memperbaiki Aliran AC
Kasus AC yang hendak diperbaiki kali ini adalah aliran AC yang mampet.
Angin dingin keluar dari kaki dan kaca depan (windscreen), tapi tidak mau keluar dari dashboard, atau hanya keluar sedikit saja.
Jika kejadiannya seperti ini, biasanya masalahnya adalah klep pembelok aliran tidak bergerak (macet).
Angin dingin keluar dari kaki dan kaca depan (windscreen), tapi tidak mau keluar dari dashboard, atau hanya keluar sedikit saja.
Jika kejadiannya seperti ini, biasanya masalahnya adalah klep pembelok aliran tidak bergerak (macet).
Persiapan Alat dan Bahan:
1. Obeng plus pendek
2. Kunci sok 10 (=socket 10mm)
3. Kunci sok 19 (=socket 19mm)
4. Kuas, sikat, vacum cleaner, atau angin kompresor untuk bersih-bersih
2. Kunci sok 10 (=socket 10mm)
3. Kunci sok 19 (=socket 19mm)
4. Kuas, sikat, vacum cleaner, atau angin kompresor untuk bersih-bersih
Langkah Perbaikan:
Catatan: sangat disarankan mem-foto setiap bagian yang hendak dibongkar, agar nanti ingat di posisi mana harus mengembalikan sekrup/part.
1. Lepas Roda Setir (Steering Wheel):
a. Cari 1 sekrup di bagian belakang setir, buka dengan obeng (+)
b. Ungkit penutup klakson setir depan dengan tangan saja ke atas (ke arah Anda)
Buka mur setir di tengah-tengah dengan kunci pas/soket 19mm
Buka mur setir di tengah-tengah dengan kunci pas/soket 19mm
2. Lepas Kotak Setir (di belakang roda setir).
a. Di bagian bawah kotak ini ada beberapa sekrup. Buka dengan obeng (+).
b. Lepas juga modul yang berisi tuas sein dan wiper (angkat ke arah Anda).
b. Lepas juga modul yang berisi tuas sein dan wiper (angkat ke arah Anda).
3. Lepas Speedometer/Panel Instrumen
Cukup melepas cover (2 sekrup + tarik ke arah Anda), modul instrumen (3 sekrup) dan konektornya agar tidak menghalangi pelepasan dashboard.
Cara lengkap melepas panel instrumen sudah dibahas di tutorial berikut:
http://daihatsuceria.com/tips-dan-diy/diy-odometer-terpotong-cerbul/
(atau di bagian lain di blog ini: http://meprakarsa.blogspot.com/2017/09/repair-cut-incomplete-digit-car.html)
Cukup melepas cover (2 sekrup + tarik ke arah Anda), modul instrumen (3 sekrup) dan konektornya agar tidak menghalangi pelepasan dashboard.
Cara lengkap melepas panel instrumen sudah dibahas di tutorial berikut:
http://daihatsuceria.com/tips-dan-diy/diy-odometer-terpotong-cerbul/
(atau di bagian lain di blog ini: http://meprakarsa.blogspot.com/2017/09/repair-cut-incomplete-digit-car.html)
4. Buka Dashboard
a. Lepas konektor wiper belakang
a. Lepas konektor wiper belakang
b. Tarik cover dashboard accessories ke arah Anda
c. Lepas konektor lighter
d. Buka sekrup accessories (7pcs)
e. Buka 3 sekrup atas (dekat kaca depan)
f. Buka 2 sekrup dalam (bisa dengan obeng (+) pendek atau kunci pas 10mm), caranya dengan intip dari bawah dashboard. Anda mungkin perlu jungkir balik di tahap ini (saya juga demikian )
g. Tarik dashboard ke arah anda “perlahan-lahan”. Sambil melepasnya, “perhatikan” tiap sambungan ducting (perpipaan aliran AC). Nantinya Anda harus “tepat” mengembalikan ducting ini ke pasangannya agar tidak ada angin AC keluar dari kebocoran sambungan ducting.
h. Kelima sekrup di atas sebenarnya untuk melepas 5 mounting dashboard ini:
5. Periksa pergerakan “klep angin AC” dengan sambil memutar/menggeser switch arah angin AC:
6. Jika tidak bisa membuka, periksa apakah ada mekanisme yang menghambat pergerakan?
a. Kasus yang terjadi di ceria milik salah satu anggota CCI: klep terganjal suatu bongkahan, sehingga tidak mau membuka. Perbaikan: hilangkan bongkahan .
b. Di ceria saya, kait kabel switch terlepas dari switch
a. Kasus yang terjadi di ceria milik salah satu anggota CCI: klep terganjal suatu bongkahan, sehingga tidak mau membuka. Perbaikan: hilangkan bongkahan .
b. Di ceria saya, kait kabel switch terlepas dari switch
c. Kemungkinan lain, “kawat transfer berulir” lepas dari kait ulirnya (dratnya), atau ada yang mengganggu pergerakan “kawat transfer” tersebut. “Kawat transfer” ini seharusnya ikut mengayun saat ditarik oleh “kabel switch.”
Kemudian “kait berulir” seharusnya ikut mengayun, sehingga bisa membuka-tutup klep.
Perbaikan: Cari benda apapun yang mengganggu pergerakan, atau mekanisme yang lepas dari ayunan-ayunan tersebut.
7. Setelah klep sukses bisa membuka, silakan tes nyalakan mesin dan nyalakan AC. Atur switch arah angin AC ke depan dashboard. Seharusnya saat klep terlihat membuka, angin dingin keluar
8. Mumpung dashboard dalam kondisi cerai-berai, kesempatan baik untuk “aksi bersih-bersih” :]
9. Tutup kembali dashboard, pasangkan kembali semua ducting dengan tepat (harus pas ke pasangannya agar angin AC tidak bocor-bocor di persambungan)
10. Catatan: jangan ada sekrup lebih :]
8. Mumpung dashboard dalam kondisi cerai-berai, kesempatan baik untuk “aksi bersih-bersih” :]
9. Tutup kembali dashboard, pasangkan kembali semua ducting dengan tepat (harus pas ke pasangannya agar angin AC tidak bocor-bocor di persambungan)
10. Catatan: jangan ada sekrup lebih :]
Membersihkan evap ceria tanpa dilepas bisa ndak mas?
ReplyDeleteMisalnya cuma lepas dashboard saja
Membersihkan evap ceria tanpa dilepas bisa ndak mas?
ReplyDeleteMisalnya cuma lepas dashboard saja
Mungkin saja bisa :D
Deletesaya belum coba... asalkan bisa melepas 4 sekrup + 5 klip baja, terus nanti kita beri kantong penampung di bawah evaporator saat membersihkannya
https://meprakarsa.blogspot.com/2017/12/membersihkan-evaporator-ac-daihatsu.html
Eh sepertinya tidak bisa..
Delete(kalau melihat foto Step 4.h. di atas, sekrup dan klip baja yang bagian belakang aksesnya tertutup corong udara masuk yang dari kap mesin